Phillip News Updates

Latest Announcement

Lastest Announcement
Filter    

 



Menjual atau Menebus Right Melalui POEMS ID



Right Issue merupakan hak memesan efek terlebih dahulu yang dibagikan oleh Emiten kepada para Pemegang Saham dalam rangka Aksi Korporasi Perusahaan. Bagi Anda yang memperoleh Hak (Right) tersebut dapat menebusnya untuk menjadi saham induk atau bisa dijual saja.


Tujuan Emiten melaksanakan Right Issue ialah untuk meningkatkan jumlah modal perusahaan yang digunakan untuk menaikkan jumlah produksi atau produktivitas perusahaan, seperti membangun pabrik baru, menambah jumlah mesin, berinovasi dalam produk, dan sebagainya. Selain itu, Right Issue juga dapat dipergunakan untuk membayar utang perusahaan yang telah jatuh tempo sehingga keuangan perusahaan dapat menjadi lebih sehat.


Right Issue dapat diperdagangkan atau pun di-exercise menjadi saham dengan cara membayar sejumlah uang sebanyak Hak (Right) yang dimiliki dan dikalikan dengan harga yang telah ditetapkan. Right memiliki jangka waktu yang lebih singkat, yaitu pada umumnya kurang lebih satu minggu. Sangat penting untuk mengetahui masa berakhir instrumen tersebut karena akan berpengaruh pada harga.


Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengambil keuntungan dari Right Issue
  1. Mentransaksikan Right di pasar saham dapat dilakukan dengan memperhatikan harga Right di pasar tunai dan ditransaksikan senilai selisih harga tebus dengan harga saham induknya. Untuk melihatnya di pasar saham, Right memiliki notasi khusus di belakang kode saham, seperti ABCD-R.
  2. Untuk Right Issue perlu memperhatikan harga tebus dengan harga saham di pasar. Contoh: harga saham ABCD diperdagangkan Rp100,- per saham, lalu ABCD akan menerbitkan saham baru dengan harga tebus Rp75,- per lembar. Artinya, nasabah hanya perlu menebus Rp75,- untuk menjadi satu saham baru. Dengan demikian, nasabah berpotensi meraih keuntungan sebesar Rp25,- per saham.
  3. Terdapat konsekuensi negatif jika investor tidak menebus atau menjual Right pada tanggal periode perdagangan dan pelaksanaan Right, yaitu Right akan expired atau hangus dan presentase kepemilikan saham tersebut akan menurun atau terjadi dilusi.
Beberapa istilah dalam Right Issue yang perlu Anda ketahui
  1. In the money: harga saham induk lebih tinggi dibandingkan dengan harga tebus,
    Contoh:
    Harga tebus: Rp 1.000,-
    Harga saham induk: Rp 1.100,-
  2. At the money: harga saham induk setara dengan harga tebus
    Contoh:
    Harga tebus: Rp 1.000,-
    Harga saham induk: Rp 1.000,-
  3. Out of the money: harga saham induk lebih rendah dibandingkan dengan harga tebus
    Contoh:
    Harga tebus: Rp 1.000,-
    Harga saham induk: Rp 900,-


Nasabah yang memperoleh Right adalah nasabah yang memiliki saham induknya sampai dengan Cum Date. Cum Date sendiri merupakan tanggal terakhir pada perdagangan saham yang akan tercatat berhak mendapatkan Right. Nantinya, Right yang telah didistribusikan akan tampak di menu Portfolio jika Anda menggunakan aplikasi POEMS ID dan menu Stockholding jika Anda menggunakan website poems.co.id atau pun ProTrader.

Cara untuk melihat harga (bid dan ask) Right di Phillip Sekuritas Indonesia
  1. Melalui aplikasi POEMS ID, ketik kode saham pada kolom search diikuti kode -R. Contoh: ABCD-R
  2. Melalui web atau pun ProTrader, ketik kode saham pada order book diikuti kode -R.TN. Contoh: ABCD-R.TN



Exercise/Tebus Right



Exercise/Tebus Right adalah aksi untuk melakukan konversi hak menjadi saham induk maksimal sejumlah yang Anda miliki, namun bisa saja hanya ditebus sebagian sesuai keinginan Anda. Menebus akan menambah portfolio saham induk Anda. Menebus berarti membayar sejumlah dana, untuk itu perlu ketersediaan dana (Cash) di Rekening Dana Investor (RDI) Anda, sejumlah lembar Right yang akan ditebus dikalikan harga tebusnya.
Sebelum Anda memutuskan untuk menebus Right yang diperoleh, ada baiknya Anda melakukan perbandingan terlebih dahulu antara harga tebus Right tersebut dengan harga saham induk nya di pasar.

Cara menebus (Exercise) atau pun menjual Right di Phillip Sekuritas Indonesia

Untuk melakukan exercise/tebus Right dapat dilakukan dengan langkah berikut:

  1. Login di Aplikasi POEMS ID melalui smartphone Anda
  2. Pilih ProStocks, kemudian pilih menu Exercise
  3. Kilk tombol tambah (+)
  4. Isi kolom data dengan tepat
  5. Klik Apply

Pastikan dana sejumlah Right Issue yang akan di-exercise telah tersedia di RDI Anda sebelum pukul 09.45 WIB, paling lambat sebelum tanggal perdagangan Right berakhir. Bagi Anda yang memiliki reksa dana Phillip Money Market Fund, biaya exercise Right tidak berlaku auto-redeem. Proses exercise akan memakan waktu 2-3 hari bursa untuk menjadi saham induk. Anda diperkenankan melakukan exercise/tebus sebagian. Misal, Anda memperoleh 110 lembar Rights, Anda dapat mempertimbangkan apakah akan menebus semua (110 lembar) atau hanya sebagian, yaitu 100 lembar saja (1 lot), sehingga memudahkan bila ingin menjual sahamnya di pasar reguler.




Penjualan Right



Right yang Anda peroleh secara cuma-cuma dapat dijual, sehingga Anda akan memperoleh sejumlah dana dari hasil penjualan tersebut. Penjualan Right hanya dapat dilakukan di sesi 1 saja selama periode perdagangan Right.

Cara menjual Right melalui POEMS ID
  1. Update aplikasi POEMS ID Anda ke versi terbaru 2.5.65 (Android) dan 2.0.59 (iPhone)
  2. Lakukan login pada aplikasi POEMS ID, lalu pilih ProStocks
  3. Pilih Saham Right (-R) yang ingin Anda jual pada list Portfolio
  4. Harga jual akan tertera pada kolom Price, kemudian tentukan jumlah lot yang Anda inginkan pada kolom Quantity (Lots). Minimal penjualan melalui aplikasi POEMS ID adalah 1 lot (100 lembar)
  5. Klik tombol Sell
  6. Masuk ke halaman konfirmasi, klik tombol Submit lalu klik Ok
  7. Pada halaman Order Status, Anda dapat mengklik pesanan Anda untuk melihat Order Details. Pada Order Details, bila pesanan Anda masih berstatus Received, Anda dapat mengubah jumlah lot dengan mengklik Amend atau pun membatalkan penjualan dengan mengklik Withdraw



Pembelian dan Penjualan Right kurang dari 1 lot



Sedangkan, untuk pembelian dan penjualan Right kurang dari 1 lot (100 lembar), Anda dapat menghubungi Tim Dealing kami ke nomor 021 57 900 909 untuk dapat dipasang di pasar negosiasi.

Bahan pertimbangan untuk transaksi negosiasi
  1. Transaksi negosiasi bersifat advertising (iklan), sehingga tidak dapat dipastikan bahwa pesanan Anda akan done.
  2. Bila ada dari broker lain yang berminat dengan pesanan Anda, selain biaya transaksi, akan dikenakan juga biaya OTC sebesar Rp 22.000,- per transaksi.


Untuk melihat harga Right di pasar negosiasi, Anda bisa melakukan login melalui website poems.co.id atau pun ProTrader dengan mengetik kode saham yang diikuti kode –R.NG, contoh ABCD-R.NG.



Phillip Sekuritas Indonesia akan senantiasa melengkapi kebutuhan dan mendampingi Anda dalam berinvestasi di pasar modal. Selamat berinvestasi!

Corporate Action

News Categories

    Reksadana on App

    Tweets by TalkToPhillip
    Market Updates
    • TopFreq
    • TopGainers
    • TopLosers
    • Top Volume
    • Top Value
    • Market Indices
    • Exchanges Rates
      Stock Price Change
      Stock Price Change
      Stock Price Change
      Stock Price Change
      Stock Price Change
      Index Last Change
      Name   Last

    Reksadana
    • PMMF
    • PRBF
    Fund Name
    NAV
    ()
    AUM
    ()
    Risk Level
    Launch Date
    Redeem Due Date
    1 Day Return (%)
    1 Month Return (%)
    3 Month Return (%)
    1 Year Return (%)
    Download: Prospectus | Factsheet
    Fund Name
    NAV
    ()
    AUM
    ()
    Risk Level
    Launch Date
    Redeem Due Date
    1 Day Return (%)
    1 Month Return (%)
    3 Month Return (%)
    1 Year Return (%)
    Download: Prospectus | Factsheet

    Corporate Action
    • Stocks
    • Warrant
    Stock Action CumDate

    Display 
    Stock Exercise Price Maturity Date

    Display 



    PT Phillip Sekuritas Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan
    © 2014 - 2024 POEMS All Rights Reserved

    Disclaimer:

    "Data yang ditampikan pada halaman muka website ini terlambat 10 menit. Phillip Sekuritas Indonesia telah memiliki izin dari Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk menyajikan data tersebut, dan kami tidak bertanggung jawab atas setiap tindakan yang diambil atau keputusan yang dibuat berdasarkan data yang ditampilkan tersebut."


    "IDX market quotes on this front page are delayed by 10 minutes. Phillip Sekuritas Indonesia has obtained the approval from the Indonesia Stock Exchange (IDX) to display these quotes. Phillip Sekuritas Indonesia shall not be liable for any errors, inaccuracies, or delays in content, or for any actions taken in reliance thereon."